Influenza: Gejala Dan Cara Mengobatinya

Influenza: Gejala Dan Cara Mengobatinya - Influenza merupakan penyakit yang disebabkan karena virus RNA yaitu virus yang berasal dari famili Orthomyxoviridae. Virus yang biasanya menyerang unggas dan mamalia ini masuk ke dalam tubuh dan melakukan inhibisi atau penghambatan hormone ACTH yang berimbas pada penurunan kadar hormon kortisol. 
Influenza: Gejala Dan Cara Mengobatinya
Influenza

Influenza

Hormon kortisol sendiri memiliki efek metabolik terhadap organ dan jaringan tubuh seperti kardiovaskular, sistem renal, sistem saraf pusat, dan sistem fetus. Hormon ini sangat berperan penting dalam meningkatkan rasio serum gula.

Oleh karenanya sering terjadi gejala yang berbeda – beda pada tiap penderita karena hormon kortisol sangat berperan dalam banyak hal. Dalam beberapa kasus influenza sering disamakan dengan selesma. Namun sebenarnya influenza sendiri jauh lebih berbahaya dan berbeda dari segi virus penyebabnya.

Influenza Berdasarkan Gejalanya

Gejala umum yang biasanya dialami penderita adalah sebagai berikut:
  • Menggigil dengan suhu tubuh tinggi
  • Demam
  • Nyeri tenggorokan
  • Nyeri otot
  • Nyeri kepala berat
  • Batuk
  • Lemas
  • Hidung tersumbat
  • Dan rasa tidak nyaman sampai mata merah
 

Influenza, Ini Cara Cepat Mengobatinya

Pengobatan yang dapat membantu menyembuhan influenza antara lain :
  1. Menghirup udara lembab seperti mandi uap. Hal ini akan meringankan sakit nyeri tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat.
  2. Bersihkan ingus yang terasa menyumbat hidung.
  3. Kompres hangat, yaitu dengan mengompres kepala dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit kepala atau pusing dan dapat melegakan hidung yang tersumbat juga.
  4. Minum air kombinasi lemon dengan madu yang diseduh dengan air hangat, minuman ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Mengisap permen untuk mengurangi rasa sakit tengggorokan seperti permen mint.
  6. Berkumur dengan air garam untuk menghilangkan lendir yang menggumpul dibagian belakang tenggorokan.
Jangan lupa untuk tetap menjaga kebugaran badan dengan olahraga dan makan cukup sehingga akan meningkatkan kualitas daya tahan tubuh anda. Beberapa orang yang terjangkit influenza biasanya karena kurangnya daya tahan tubuh sehingga sangat mudah bagi virus influenza menginfeksi, lebih lagi virus ini dapat menyebar di udara yang memungkinkan siapa saja dapat terkena.

Related Posts:

0 Response to "Influenza: Gejala Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar